Cara mudah menanam bawang merah di rumah!

Bawang merah menjadi salah satu bumbu terpenting. namun, harganya sering melambung, maka dari itu untuk menyiasati hal tersebut kita dapat menanam bawang merah di rumah dengan cara sederhana. Berikut ini adalah 8 cara  Cara mudah menanam bawang merah di rumah.

Menyiapkan benih bawang merah

Cara pertama menanam bawang merah di rumah adalah menyiapkan benih. Benih bawang yang baik adalah benih yang disimpan selama 2 sampai 3 bulan. Bibit ini berbentuk bawang merah tua yang masih tertanam di tanah. Ada juga umbi bawang yang dibuat oleh pertanian lokal dan dari impor. Untuk membedakan benih bawang merah yang benar, dengan cara memegang umbi. Jika umbi yang dipegang keras dan berisi, maka pada saat dipanen umbi sudah tua. Bawang tua cocok ditanam sebagai benih. Tetapi bila umbinya lunak dan tidak padat, maka umbi terlalu muda untuk dipanen.

Secara tampilan, umbi yang baik digunakan sebagai benih adalah umbi yang terlihat mengkilap, segar, cerah, dan kulit umbi tidak berkerut. Umbi sehat karena tidak terserang jamur. Supaya lebih praktis, Benih bawang merah dapat juga diperoleh dari dapur. Cari benih umbi yang masih bagus dan segar. Bagaimana cara menanam bawang merah? Ayo ikuti langkah selanjutnya.

Menyiapkan media tanam

Selain benih, selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah media tanam. Media tanam yang bauk harus dapat dengan cepat menyerap air. Contohnya tanah berpasir, kemudian campurkan tanah berpasir dengan batu bara dan pupuk kandang dengan komposisi 1: 1: 1. Lalu masukkan semua media tanam yang sudah dicampur ke dalam pot. Gunakan pot berdiameter 20-30 cm agar bawang tumbuh dengan bebas. Campur media tanam  kemudian tekan. Kemudian tutupi dengan plastik. Lalu diamkan sampai 2 supaya media tanam bercampur merata.

Info lainnya:  Persiapan yang harus dilakukan sebelum liburan ke luar negeri
Tanam benih

Selanjutnya adalah menanam benih. Ambil benih bawang merah yang sudah disiapkan. Potong sedikit bagian tepi bawang sampai Anda melihat dagingnya. Jika bawang sudah memiliki kecambah, tidak perlu memotongnya lagi. Kemudian, tanam benih bawang sedalam 5 cm. Kemudian biarkan umbi leher terlihat. Kemudian tutup dengan tanah dan berikan jarak 10 cm dengan umbi lainnya.

Memberi pupuk

Bibit bawang merah yang telah berumur 3 – 4 minggu diberi pupuk. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang atau kompos. Banyaknya pupuk sebanyak 1 genggam tangan. Kemudian taburkan pupuk di sekitar benih. Apabila Anda ingin menggunakan pupuk anorganik, gunakan pupuk ZA. Ukurannya 5 gram pupuk ZA per pot. Taburi dengan pupuk ZA setiap 3 minggu.

Menyiram  benih

Agar benih bawang tidak mengering, siram dua kali sehari setiap pagi dan sore. Terlalu banyak air harus dihindari saat menyiram. Cara menanam bawang merah di rumah dengan penyiraman yang tepat agar akarnya tidak membusuk. Pastikan juga pot mempunyai drainase cukup baik untuk mengalirkan air. Tempatkan pot di tempat teduh untuk menghindari genangan air. Karena jika disiram terus menerus akan meyebabkan umbi bawang lemah dan membusuk. Saat umbi berumur 2 bulan, kurangi intensitas penyiraman. Sirami benihnya hanya sekali sehari, yaitu pagi atau sore.

Membersihkan gulma

Walaupun ketika ditanam dalam pot harus dicegah gulma dan rumput liar yang tumbuh. Hal itu dilakukan agar pertumbuhan umbi tidak terganggu. Keuntungan lain adalah jika salah satu umbi bawang membusuk, dapat dibuang agar kerusakan tidak menyebar ke bawang lainnya.

Pengendalian  hama

Selain penyiraman dan pembersihan (pengendalian gulma), pengendalian hama juga penting. Parasit yang sering menginfeksi bawang merah adalah ulat daun, cacing tanah, dan lalat.

Info lainnya:  Bisakah berolahraga di kantor?
Proses panen

Bawang merah yang sudah berumur 3 bulan bisa dipanen. Ciri bawang merah yang sudah bisa dipanen  adalah sebagai berikut:

  • Tanamannya sudah cukup tua, ciri-ciri batangnya lemah dan daunnya menguning.
  • Umbi lapis berisi padat yang sebagian menonjol dan muncul di tanah.
  • Kulit umbi berwarna merahdan mengkilap.

Cabutlah tanaman (daun serta umbinya). Jaga agar tanah tetap menempel pada umbi dan akar. Kemudian tinggalkan umbi di atas tanah selama beberapa jam. Kemudian ikat dengan ukuran 1 – 1,5 kg per bundel. Supaya umbi yang dipanen tidak membusuk selama penyimpanan, atur suhu pada kelembaban rendah antara 25 sampai 30 derajat Celcius. Untuk membuatnya lebih mudah, keringkan umbi selama 1 hingga 2 minggu. Dengan cara ini, bawang merah siap digunakan dalam beberapa bulan ke depan.

Reply