Meminum obat bisa mempengaruhi rasa makanan

Jangan kaget jika Anda sakit. Saat Anda merasakan rasa, ternyata lidah Anda lumpuh. Pernahkah Anda mendengar bahwa rasa makanan telah berubah pada saat minum obat? Jangan khawatir, secara medis kasus tersebut bisa dijelaskan. Bagaimanapun, siapa pun dapat mengalami fenomena aneh ini, tergantung pada jenis perawatan yang mereka ambil dan bagaimana tubuh mereka bereaksi terhadapnya.

Dari obat yang dijual bebas hingga resep, ada banyak daftar obat yang dapat memengaruhi terhadap selera dan rasa lidah Anda. Obat-obatan alergi antibiotik tertentu, pelemas otot atau stimulan ada hubungannya dengan perubahan rasa lidah. Beberapa obat juga dapat mempengaruhi produksi bau dan air liur, yang keduanya dapat mempengaruhi rasa seseorang dengan makanan atau nafsu makan.

Perubahan kemampuan tubuh untuk merasakan rasa disebut dysgeusia. Beberapa obat dapat mengubah rasa makanan atau menyebabkan rasa asin, pahit, dan logam di mulut. Penyakit lain, yang disebut dysgeusia, membuat lidah pahit saat memakan makanan. Situasi ini sangat umum di kalangan wanita hamil, terutama pada awal kehamilan.

Gangguan lidah disebabkan oleh perubahan komposisi bakteri dan senyawa karena penggunaan obat. “Lidah adalah pintu gerbang ke saluran pencernaan dan berbagi koloni bakteri yang unik, yang mungkin disebabkan oleh perubahan koloni mikroba alami dari lidah dan usus,” kata dokter umum Martin Scar. Zaman.

Menurut dokter Norman Mann, gangguan rasa yang disebutkan pada halaman penasihat klinis bisa berbahaya dan tidak boleh dianggap sepele. “Orang dengan defisit sensorik atau penciuman bisa berisiko. Mereka mengabaikan bau gas, asap asam dan makanan dan dapat membahayakan orang lain.”

Obat kemoterapi, termasuk methotrexate dan doxorubicin, adalah penyebab umum yang dapat mempengaruhi selera. “Proses radiasi dan kemoterapi bisa menyebabkan rasa haus,” kata Dr. Jeff Burgess, mantan profesor rekanan klinis di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Washington. Menurutnya, rasa haus akan membuat pasien sulit merasakannya. Obat kumur dan pasta gigi dengan resep khusus adalah solusi bagi siapa pun dengan kondisi ini.

Info lainnya:  Bagaimana apabila meminum obat kadaluarsa

Namun, perubahan dalam rasa biasanya bersifat sementara dan menghilang ketika pengobatan dihentikan atau sesi kemoterapi berakhir. Untuk mengembalikan rasa lidah Anda, Anda bisa melakukannya dengan beberapa tips. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan enak. “Jika Anda memiliki mulut kering atau mati rasa, makanan seperti permen dan permen karet bebas gula dapat meningkatkan air liur dan mengurangi persepsi rasa tidak enak,” kata Fox 61.

Metode lain yang bisa dilakukan dengan membilas mulut dengan air atau berkumur dengan air liur buatan. Orang-orang yang mengalami gejala yang sama saat minum obat sebaiknya tidak diam diri. Dapatkan bantuan medis segera. Tujuannya adalah untuk memungkinkan dokter memberikan jenis obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sebagai informasi, Anda juga harus memperhatikan masalah kesehatan yang ditandai oleh produksi air liur di mulut. Ini karena air liur dapat digunakan untuk mendeteksi masalah kesehatan melalui beberapa tes. Bahkan, sekarang ada teknik untuk memprediksi kanker dan harapan hidup manusia melalui tes air liur.

Reply