Oleh-oleh khas Cirebon yang unik dan murah

Cirebon yang dikenal sebagai kota udang mungkin tidak begitu populer, terutama bagi kaum milenial yang suka bepergian ke tujuan-tujuan instagramable. Cirebon mungkin mungkin kurang dalam hal destinasi wisata yang menarik, tetapi merupakan surga bagi mereka yang suka wisata kuliner. Perburuan kuliner di Cirebon menjadi petualangan yang tak terlupakan. Selain wisata kuliner yang luar biasa, Cirebon juga menawarkan berbagai oleh-oleh yang unik. Dari makanan kecil, kerupuk, minuman, sampai batik yang sudah terkenal di seluruh dunia. Menariknya, harganya juga sangat bersahabat dengan isi dompet. Oleh-oleh khas Cirebon memiliki citarasa yang berbeda. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Cirebon yang sering diburu oleh wisatawan.

Kerupuk Melarat

Kerupuk dengan warna merah muda dan putih yang sangat tipis dan lebar juga sering ditemukan di daerah Bandung Barat. Ternyata di Cirebon juga memiliki varian kerupuk melarat yang tidak kalah enak juga. Kerupuk digoreng menggunakan pasir membuat kerupuk ini lebih sehat daripada kerupuk bawang yang digoreng dengan minyak kelapa. Keunikan kerupuk melarat Cirebon adalah cara mereka mengonsumsi dengan sambal khas Cirebon. Harganya mulai dari Rp5.000.

Rengginang

Rengginang merupakan camilan khas Bandung, tetapi terdapat juga di Cirebon, tetapi dengan rasa yang berbeda. Apabila Rengginang di Bandung dibuat hanya dari ketan dengan bumbu dan garam, rengginang Cirebon memberikan rasa yang berbeda karena mengandung udang rebon. Rengginang juga dijual dalam berbagai rasa modern seperti cumi-cumi, rasa pedas, keju, dll. Harga per paket bervariasi mulai dari Rp15.000 hingga Rp50.000.

Sirup Tjampolay

Sirup tjampolay khas Cirebon ini sudah ada sejak tahun 1964, resepnya belum berubah sampai sekarang. Sirup ini sering menjadi langganan hotel mewah di Cirebon, tetapi harganya tetap ramah di kantong. Ada banyak rasa untuk dipilih, mulai dari susu pisang, stroberi, Kopyor, Mango Gedong, Melon dan Leci. Harga sebotol adalah Rp. 27.500. Banyak terdapat toko oleh-oleh di Cirebon yang menjual sirup ini. Tapi apabila Anda ingin langsung ke pabriknya, Anda dapat mengunjungi Jalan Elang Raya K. 11-12.

Info lainnya:  Kuliner khas Cirebon yang wajib untuk dikunjungi
Keripik Tempe Sagu

Keripik tempe murni biasanya dibuat dari tempe, dicampur dengan terigu dan dibumbui dengan rempah-rempah. Berbeda dengan keripik Tempe Cirebon, karena dilumuri dengan sagu, yang membuat teksturnya lebih tajam. Sekarang terdapat banyak produsen keripik tempe sagu dengan berbagai variasi rasa, seperti rasa keju, balado dan daging sapi panggang. Harganya pun murah, mulai dari Rp. 25.000/bungkus.

Terasi udang Cirebon

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang murah untuk dibawa pulang adalah terasi. Rasanya sudah dikenal ke seluruh Indonesia dan banyak produsen besar juga menyontek resepnya. Tapi tidak ada yang bisa mengalahkan terasi yang dibuat langsung dari Cirebon. Terbuat dari campuran rempah-rempah dan udang asli yang membuatnya lebih enak. Anda bisa membawa pulang satu bungkus kecil terasi udang seharga Rp. 5.000 atau jika Anda ingin membeli dalam bentuk botol, cukup siapkan uang Rp. 50.000. Tapi jangan kaget dengan aroma yang kuat dan menyengatnya.

Kue gapit

Bagi yang suka cemilan kecil, kue ini memberikan rasa yang berbeda. Bentuknya seperti kerucut es krim, tetapi lebih kecil dan pipih. Berbeda dengan cone manis dominan, kue Gapit ini memiliki rasa asin. Dibuat dari tepung tapioka, terdapat jenis rasa yang bisa Anda coba, yaitu balado, bawang, udang, manis, keju, dan kacang. Biasanya kue ini dijual seharga Rp. 25.000 per kilogram.

Tape Ketan

Tape ketan merupakan hasil fermentasi dari ketan yang dibungkus daun jati atau pisang. Rasanya manis dan sedikit asam. Anda harus tahu bahwa tape ketan ini mengandung alkohol. Jadi jika dikonsumsi dalam jumlah besar menyebabkan sedikit pusing. Harganya murah dan tidak bisa bertahan apabila berada di suhu ruang.

Info lainnya:  Kuliner khas Cirebon yang wajib untuk dikunjungi
Gula batu

Yang menarik dari gula batu khas Cirebon ini ternyata selain mempunyai rasa manis, tetapi juga rasa lain seperti lemon, leci dan lainnya. Saat menyeduhnya tidak perlu mencampur dengan minuman lain, karena sudah mempunyai rasa sendiri.

Reply